Kumpulan artikel seputar pertanian & perikanan

Cara Menanam Stroberi yang Baik dan Benar

Cara Menamam Stroberi - Sahabat tani pada kesempatan ini kita akan belajar Cara Mudah Bertanam Stroberi. Dengan adanya artikel ini semoga bisa membantu sahabat tani yang saat ini berencana membuka usaha buah stroberi. Cara menanam stroberi sebenarnya sangatlah mudah. Menaman stroberi dimulai dengan terlebih dahulu mengolah tanah, pengapuran, dan selanjutnya dilakukan dengan penanaman stroberi.

Sebelum ditanami stroberi, tanah terlebih dahulu dibersihkan dari gulma khususnya yang memiliki batang atau umbi di dalam tanah. Proses ini dilakukan dengan mencangkul tanah, kemudian membolak-balikkan pemukaan tanah agar kegemburan tanah atau drainase tanah meningkat. Tanah yang drainasenya buruk akan mengganggu pertumbuhan akar tanaman stroberi dan mengundang penyakit red stele yang disebabkan oleh Phytoptora fragariae .

Stroberi sangat sesuai dengan tanah dataran tinggi berjenis regosol yang memiliki pH 5,5 ? 6,9. akan tetapi kondisi pH tanah dapat berubah karena penggunaan pupuk kimia dan intensitas hujan. Pupuk dan curah hujan dapat menyebabkan pH tanah menjadi rendah. pH tanah yang rendah menjadikan tanaman stroberi keracunan aluminium dan besi, serta menyebabkan tananaman stres karena kekurangan unsur hara terutama P dan K. Untuk mengatasi masalah pH tanah, dapat digunakan kapur kalsit atau dolomit. Kalsit yang dibutuhkan sebanyak 4 ton per hektat atau dolomit 6 ton per hektar.

Penanaman stroberi dilahan terbuka dilakukan setelah lahan diolah dengan baik dan sebaiknya ditutup dengan mulsa plastik. Penanaman menggunakan mulsa plastik harus diberi lubang pada titik tempat tanaman akan ditanam. Adapun tahapan penanaman bibit stroberi yang akan ditanam di lahan terbuka menggunakan mulsa plastik sebagai berikut :
  1. Lakukan pemupukan lahan dengan cara memberikannya di dalam larikan berjarak 15 cm di samping tanaman. Dosis anjuran pemupukan per hektar menggunakan pupuk N sebanyak 135 kg, P sebanyak 80 kg, dan K sebanyak 150 kg. Dapat juga menggunakan urea sebanyak 300 kg, SP-36 sebanyak 225 kg, dan KCL sebanyak 430.
  2. Setelah tanah diolah dan dipupuk, pasang mulsa plastik hingga menutupi bedengan. Kemudian tentukan lubang tempat penanaman di mulsa plastik. Lubang ini dibuat dengan jarak tanam yang ideal sekitar 40 cm.
  3. Tanah yang berada di bawah lubang mulsa plastik digali dengan kedalaman yang sesuai dengan perakaran bibit stroberi, sekitar 12 cm.
  4. Keluarkan bibit dari polibag bersama media tanamnya dengan hati-hati.
  5. Bibit ditanam pada lubang tanam, kemudian tekan / padatkan tanah disekitar batang bibit stroberi.
  6. Siram tanah disekitar pangkal batang hingga lembab (Aries, 2007 ).
Itulah beberapa cara menanam Stroberi yang bisa kami share pada kesempatan kali ini. sekian semoga bermanfaat.


reff : http://www.carabertani.com/2015/04/cara-menanam-stroberi-yang-baik-dan.html


Video yang berkaitan dengan Cara Menanam Stroberi yang Baik dan Benar


Related Post

0 Komentar untuk "Cara Menanam Stroberi yang Baik dan Benar"

Back To Top