Kumpulan artikel seputar pertanian & perikanan

Bagian-Bagian Serta Manfaat Bunga Kamboja

Bagian-Bagian Serta Manfaat Bunga Kamboja - Ada beberapa bagian dari Bunga Kamboja yang memiliki manfaat yang menarik buat kita pahami. Bagian dari Bunga Kamboja antara lain ada Batang Bunga Kamboja, Bunga Kamboja, dan Getah Bunga Kamboja.
Bagian-Bagian Serta Manfaat Bunga Kamboja

Manfaat dari Bagian-Bagian Bunga Kamboja


Batang Bunga Kamboja

Batang bunga Kamboja mengandung getah putih yang mengandung damar, kautscuk, senyawa sejenis karet, senyawa triterpenoid amytin dan lupeol. Kulit batang kamboja sendiri bermanfaat untuk menghilangkan rasa sakit karena bengkak atau adanya pecah-pecah pada telapak kaki. Getah bunga kamboja yang mengandung senyawa glikoda bersifat racun oleh karena itu dapat digunakan sebagai obat sakit gigi atau obat luka apabila dengan dosis yang tepat. Satu hal yang harus diperhatikan, getah bunga kamboja tidak bola terkena mata karena akan mengakibatkan kebutaan.

Bunga Kamboja

Bunga kamboja dapat dimanfaatkan untuk mencegah rematik atau asam urat, meredakan demam yang tinggi, melancarkan keluarnya air seni, mengobati pencernaan, dan menyembuhkan sembelit. Selain itu wangi bunga kamboja juga sering dimanfaatkan sebagai bahan campuran sabun mandi, obat nyamuk, dan minyak wangi.

Getah Bunga Kamboja

Getah Bunga Kamboja dapat menyembuhkan gatal-gatal karena mengandung sejenis antiseptik. Namun dalam pemakain perlu diperhatikan dosis dan kondisi kulit penderita karena apabila jenis kulit penderita sensitif maka pemakaian getah bunga kamboja akan menimbulkan iritasi. Getah Bunga Kamboja dapat diambil dengan cara mematahkan pangkal daun atau memangkas batang pohon kamboja.

Demikianlah informasi singkat tentang Bagian-Bagian Serta Manfaat Bunga Kamboja semoga bermanfaat..


reff : http://berbungakamboja.blogspot.com/2015/09/bagian-bagian-serta-manfaat-bunga-kamboja.html


Video yang berkaitan dengan Bagian-Bagian Serta Manfaat Bunga Kamboja


Related Post

0 Komentar untuk "Bagian-Bagian Serta Manfaat Bunga Kamboja"

Back To Top